MEMBANGUN ESR MANUAL DARI BARANG BEKAS


membangun esr dari barang rongsokan disekitsr kita,saya sebagai
tukang servis sering mendapat orderan mengganti mesin tv china
dan terutama monitor yang kepingin dijadikan tv,dari itu sering
mendapatkan main board monitor gratis dari orang-orang tersebut
dari beberapa onderdil yang kita copotin terdapat beberapa
komponen yang bisa kita pergunakan untuk membangun esr manual
terutama 74HC14 ATAUPUN 74HC04 [YANG SAYA GUNAKAN SN74LS04]
walaupun kalau kita beli cuman
2500 perak,dan untuk meternya kita gunakan dari avometer yang
sudah rusak atau nggak kepakai untuk transistornya yang saya
pergunakan adalah 2n2222 kucari dari bekas radio cb,,,jadi kalau
dihitung cuman modal timah,,,,doang,,,
osilator yang dibangun dari ic ini akan membangkitkan frekwensi
156khz[pin 1 dan pin 2] input bufer[pin 3-5-9-11-13] outputnya
[pin 4-6-8-10-12] dan disaring[lp filter] oleh resistor 680 ohm
dan ....bla-bla.. emboh nggak ngerti aku teorinya yang penting
jadi,,,semenjak adanya alat ini pekerjaan saya jadi terbantu
dan esr ini hanya bisa untuk mengetes baik buruknya kondensator
dari mulai 100 nano sampai 4700uf keatas...kenapa hanya bisa mengecek
baik/buruknya kondensator.karena berdasarkan hasil pengukuran
yang saya dapatkan antara millar 100n dengan elco 1uf hambatannya lebih besar
yang 100n [nilai ohmnya lebih rendah]
contohnya begini
100n  = 1ohm
1uf     = 1k
sedangkan hasil dari 100n [1ohm] hasilnya sama dengan pengukuran 220uf s/d 1000uf
kenapa bisa begitu saya juga belum mengerti,dan satu lagi esr saya ini meternya nggak bisa
menggunakan VU METER.padahal kata teman2 dan pakde saya bisa menggunakan VU METER
entah mengapa,,,dan ada satu lagi teman yang ngasih tau[LEWAT SMS] apakah ic HD74LS14P bisa digunakan berdasarkan datasheetnya ic tersebut bisa digunakan karena penggunaanya adalah sama
[sebagaiIC HEX SCMITT TRIGGER INVERTER] dan huruf depannya HD=hitachi digital ic...dan P=plastic...dan untuk teman-teman
silahkan,,,di coba pasti berhasil,,,karena sangat mudah sekali perakitannya
dan bila anda berminat dengan yang esr jadi hubungi kami lewat sms di [081282309295]